DROP CAP, COLUMNS, HEADER & FOOTER, CLIP ART DAN WATERMARK, PAGE BORDE, SMART ART, FOOTNOTE DAN COMENT
A. Drop
Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang
dimulai dengan huruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai
pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat
tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Cara Membuat Drop Cap :
1.
Sorot huruf yang
akan dijadikan drop cap


2.
Klik tab Insert
3.
Pada Text, klik tool Drop Cap à Dropped

B. Columns
Columns merupakan pengaturan dalam
Microsoft Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam
satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan
sebagainya.
Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word adalah :
1.
Pilih
menu Page Layout à Columns
2.
Pilih
Columns yang ingin dipakai :


C. Header
& Footer
Header atau footer merupakan
sebuah teks atau grafis yang pada umumnya diletakkan pada bagian atas ataupun
terletak pada bab bawah dari setiap halaman sebuah dokumen.
Fungsi dari Header biasanya
digunakan sebagai pembuatan judul sebuah dokumen dan footer biasanya digunakan
sebagai alat untuk membuat nomor halaman secara otomatis.
Langkah-langkah membuat Header & Footer :
1. Klik
Menu Insert, à
pilih Header dan Footer. Kemudian secara otomatis Ms. Word akan menampilkan
toolbar Header dan Footer.


2. Setelah
itu maka anda mampu memilih tampilan Header atau Footer yang sesuai dengan
keinginan anda.

3. Selain
itu anda juga mampu mengedit header dan footer melalui menu edit yang sudah ada
tersedia dibawah pilihan desain header atau footer dengan cara meng klik secara
ganda atau klik dua kali redup header atau footer untuk beralih secara cepat ke
header atau footer.
D. Clip
Art
Clip Art merupakan sebuah user
yang berisikan seperti gambar-gambar kartun
seperti ilustrasi gambar orang yang sedang mengetik, guru sedang mengajar,
gambar pesawat, gambar bunga dan yang lainnya bisa dipakai pada microsoft word
tanpa harus mengunduhnya dari internet , clip art biasanya digunakan sebagai
sampul dalam dokumen.
Langkah-langkah
dalam menampilkan Clip Art :
1.
Langkah pertama, silahkan buka Microsoft Word.
2. Jika dokumen
telah terbuka, maka Klik à menu
Insert.
3. Selanjutnya,
pada submenu “Illustrations” silahkan klik menu “Clip Art”.
4. Kemudian
akan muncul gambar-gambar yag ada di menu Clip Art.
5. Untuk bisa
menerapkan gambar, tekan CTRL + C.
6. Kemudian
pastekan gambar dnegan menekan CRTL + V.
7. Dengan
begitu anda bisa melihat kini gambar telah dimunculkan, selanjutnya silahkan
atur gambar sesuka hati.
E. Watermark
Watermark
merupakan teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen, yang berguna
untuk menambah daya tarik atau memberikan identitas pada dokumen tersebut,
misalnya menandai dokumen tersebut sebagai Draft.
Cara membuat Watermark :
Cara membuat Watermark :
1.
Langkah
pertama Klik Page Layout à dimenu Page Background Klik à
Watermark
2.
Selanjunya
Klik Custom watermark maka akan muncul seperti gambar berikut :


Note : silahkan pilih tema mana yang ingin kita pakai , apakah ingin pakai
gambar atau Teks, disini saya ingin menjelaskan cara menggunakan watermark
dengan teks.
3.
Selanjutnya
Klik Text Watermark à setelah itu isi menu yang disediakan


4.
Setelah
kita isi menu yang diatas maka Klik à Apply / Ok
5.
Setelah
itu muncul seperti di gambar.


F. Page
Border
Page border pada microsoft office
adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja Ms.
Word. Page border akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman.
Langkah-langkah menggunakan Page Border :
1.
Klik à Page
Layout , pada menu page Backgroun Klik à Page Borders
2.
Setelah
itu pilih Page Border Yang ingin dipakai à setelah itu Klik Ok

G. Smart
Art
Smart
Art adalah salah satu fasilitas microsoft word yang akan membuat tampilan
visualisasi data menjadi lebih menarik dan komunikatif. Smart Art ada beberapa
jenis, misalnya hierarchy digunakan untuk membuat struktur organisasi, pyramid
untuk menggambarkan tingkatan, procces dan cycle membuat hubungan timbal balik,
relationship menggambar sebuah proses, ada juga list dan matrix.
Berikut adalah menggunakan salah satu jenis Smart Art yaitu hierarchy untuk
membuat struktur organisasi.
1.
Buka dokumen baru.
2.
Klik tab insert lalu pilih ikon smart
art.


3.
Pilih hierarchy, kemudian tentukan
format yang diinginkan lalu klik OK.
4.
Setalah itu akan muncul format diagram
yang telah dipilih.

H. Footnote
Footnote
atau catatan kaki jika merujuk pada KBBI. Ialah keterangan yang dicantumkan
pada margin bawah pada halaman buku (biasanya dicetak dengan huruf yang lebih
kecil daripada huruf di dalam teks guna menambahkan rujukan uraian di dalam
naskah pokok).
Langkah-langkah membuat footnote secara otomatis di Microsoft word Ialah
sebagai berikut:
1.
Hal yang pertama
yang perlu dilakukan adalah menandai kutipan apa yang akan dibuatkan footnote
pada akhir dari bawah lembar kerja pada word yang dibuat. Cara ini dilakukan
dengan mengarahkan pointer cursor pada
akhir dari kalimat kutipan yang akan dibuatkan footnote.


2.
Kemudian,
carilah menu footnote yang berada di bar “References” yang
tempatnya berada diantara Page Layout dan Mailings. Saat kamu telah menemukan menu footnote
pada bar References. Maka, klik Insert Footnote , dan pada akhir dari lembar
kerja yang telah diatur sebelumnya akan muncul footnote yang siap untuk
diketikkan sumber dari kutian yang telah ada.

3.
Selanjutnya
adalah mengisi sumber footnote yang telah jadi pada bagian bawah dari lembar
kerja sesuai dengan jenis kutipan yang telah siap sumbernya.


4.
Setelah selesai
silahkan simpan file tersebut
I.
Comments
Comments merupakan fitur yang biasa
digunakan jika kita ingin menambah catatan atau komentar pada Microsoft Word.
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft
Word adalah sebagai berikut :
1.
Pilih atau blok
kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
2.
Setelah itu klik
menu Review
3.
Pilih “New
Comment”

4.
Lalu ketikkan
catatan atau komentar yang ingin diberikan
5.
Setelah selesai
silahkan simpan file tersebut
A. Drop
Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang
dimulai dengan huruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai
pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat
tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Cara Membuat Drop Cap :
1.
Sorot huruf yang
akan dijadikan drop cap


2.
Klik tab Insert
3.
Pada Text, klik tool Drop Cap à Dropped

B. Columns
Columns merupakan pengaturan dalam
Microsoft Word untuk membagi dokumen / tulisan menjadi beberapa baris dalam
satu halaman. Columns biasanya digunakan pada pembuatan Koran, Majalah dan
sebagainya.
Langkah-langkah untuk mengatur Columns di Ms. Word adalah :
1.
Pilih
menu Page Layout à Columns
2.
Pilih
Columns yang ingin dipakai :


C. Header
& Footer
Header atau footer merupakan
sebuah teks atau grafis yang pada umumnya diletakkan pada bagian atas ataupun
terletak pada bab bawah dari setiap halaman sebuah dokumen.
Fungsi dari Header biasanya
digunakan sebagai pembuatan judul sebuah dokumen dan footer biasanya digunakan
sebagai alat untuk membuat nomor halaman secara otomatis.
Langkah-langkah membuat Header & Footer :
1. Klik
Menu Insert, à
pilih Header dan Footer. Kemudian secara otomatis Ms. Word akan menampilkan
toolbar Header dan Footer.


2. Setelah
itu maka anda mampu memilih tampilan Header atau Footer yang sesuai dengan
keinginan anda.

3. Selain
itu anda juga mampu mengedit header dan footer melalui menu edit yang sudah ada
tersedia dibawah pilihan desain header atau footer dengan cara meng klik secara
ganda atau klik dua kali redup header atau footer untuk beralih secara cepat ke
header atau footer.
D. Clip
Art
Clip Art merupakan sebuah user
yang berisikan seperti gambar-gambar kartun
seperti ilustrasi gambar orang yang sedang mengetik, guru sedang mengajar,
gambar pesawat, gambar bunga dan yang lainnya bisa dipakai pada microsoft word
tanpa harus mengunduhnya dari internet , clip art biasanya digunakan sebagai
sampul dalam dokumen.
Langkah-langkah
dalam menampilkan Clip Art :
1.
Langkah pertama, silahkan buka Microsoft Word.
2. Jika dokumen
telah terbuka, maka Klik à menu
Insert.
3. Selanjutnya,
pada submenu “Illustrations” silahkan klik menu “Clip Art”.
4. Kemudian
akan muncul gambar-gambar yag ada di menu Clip Art.
5. Untuk bisa
menerapkan gambar, tekan CTRL + C.
6. Kemudian
pastekan gambar dnegan menekan CRTL + V.
7. Dengan
begitu anda bisa melihat kini gambar telah dimunculkan, selanjutnya silahkan
atur gambar sesuka hati.
E. Watermark
Watermark
merupakan teks atau gambar yang muncul di bagian latar dokumen, yang berguna
untuk menambah daya tarik atau memberikan identitas pada dokumen tersebut,
misalnya menandai dokumen tersebut sebagai Draft.
Cara membuat Watermark :
Cara membuat Watermark :
1.
Langkah
pertama Klik Page Layout à dimenu Page Background Klik à
Watermark
2.
Selanjunya
Klik Custom watermark maka akan muncul seperti gambar berikut :


Note : silahkan pilih tema mana yang ingin kita pakai , apakah ingin pakai
gambar atau Teks, disini saya ingin menjelaskan cara menggunakan watermark
dengan teks.
3.
Selanjutnya
Klik Text Watermark à setelah itu isi menu yang disediakan


4.
Setelah
kita isi menu yang diatas maka Klik à Apply / Ok
5.
Setelah
itu muncul seperti di gambar.


F. Page
Border
Page border pada microsoft office
adalah garis pembatas dari sebuah halaman yang ada di dalam lembar kerja Ms.
Word. Page border akan memberikan kesan kokoh pada sebuah halaman.
Langkah-langkah menggunakan Page Border :
1.
Klik à Page
Layout , pada menu page Backgroun Klik à Page Borders
2.
Setelah
itu pilih Page Border Yang ingin dipakai à setelah itu Klik Ok

G. Smart
Art
Smart
Art adalah salah satu fasilitas microsoft word yang akan membuat tampilan
visualisasi data menjadi lebih menarik dan komunikatif. Smart Art ada beberapa
jenis, misalnya hierarchy digunakan untuk membuat struktur organisasi, pyramid
untuk menggambarkan tingkatan, procces dan cycle membuat hubungan timbal balik,
relationship menggambar sebuah proses, ada juga list dan matrix.
Berikut adalah menggunakan salah satu jenis Smart Art yaitu hierarchy untuk
membuat struktur organisasi.
1.
Buka dokumen baru.
2.
Klik tab insert lalu pilih ikon smart
art.


3.
Pilih hierarchy, kemudian tentukan
format yang diinginkan lalu klik OK.
4.
Setalah itu akan muncul format diagram
yang telah dipilih.

H. Footnote
Footnote
atau catatan kaki jika merujuk pada KBBI. Ialah keterangan yang dicantumkan
pada margin bawah pada halaman buku (biasanya dicetak dengan huruf yang lebih
kecil daripada huruf di dalam teks guna menambahkan rujukan uraian di dalam
naskah pokok).
Langkah-langkah membuat footnote secara otomatis di Microsoft word Ialah
sebagai berikut:
1.
Hal yang pertama
yang perlu dilakukan adalah menandai kutipan apa yang akan dibuatkan footnote
pada akhir dari bawah lembar kerja pada word yang dibuat. Cara ini dilakukan
dengan mengarahkan pointer cursor pada
akhir dari kalimat kutipan yang akan dibuatkan footnote.


2.
Kemudian,
carilah menu footnote yang berada di bar “References” yang
tempatnya berada diantara Page Layout dan Mailings. Saat kamu telah menemukan menu footnote
pada bar References. Maka, klik Insert Footnote , dan pada akhir dari lembar
kerja yang telah diatur sebelumnya akan muncul footnote yang siap untuk
diketikkan sumber dari kutian yang telah ada.

3.
Selanjutnya
adalah mengisi sumber footnote yang telah jadi pada bagian bawah dari lembar
kerja sesuai dengan jenis kutipan yang telah siap sumbernya.


4.
Setelah selesai
silahkan simpan file tersebut
I.
Comments
Comments merupakan fitur yang biasa
digunakan jika kita ingin menambah catatan atau komentar pada Microsoft Word.
Langkah untuk menambahkan catatan atau memberi komentar pada Microsoft
Word adalah sebagai berikut :
1.
Pilih atau blok
kata/kalimat yang akan diberi komentar (catatan)
2.
Setelah itu klik
menu Review
3.
Pilih “New
Comment”

4.
Lalu ketikkan
catatan atau komentar yang ingin diberikan
5.
Setelah selesai
silahkan simpan file tersebut
Komentar
Posting Komentar